RajaKomen
Elektabilitas Partai Korup Tetap di Atas, Pengamat: Dibantu Lembaga “SurveiRP”

Elektabilitas Partai Korup Tetap di Atas, Pengamat: Dibantu Lembaga “SurveiRP”

25 Agu 2021
860x
Ditulis oleh : Admin

Adanya lembaga “SurveiRp” atau lembagi survei bayaran yang bekerja karena pesanan turut membantu elektabilitas partai korup tetap berada di jajaran atas.

Analis sosial politik Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Ubedilah Badrun mengurai sejumlah alasan atau penyebab elektabilitas partai yang banyak kadernya terlilit kasus korupsi masih berada di papan atas.

Pertama, karena masyarakat umum yang terjaring sample survei kemungkinan adalah masyarakat yang apolitik.

“Tidak memiliki cukup pengetahuan tentang politik saat ini termasuk informasi tentang partai paling korup,” ujar Ubedilah dilansir RMOL, Selasa (24/8).

Selanjutnya, kata Ubedilah, adalah masyarakat secara umum belum mampu mencerna dan mengambil sikap untuk memberi hukuman bagi partai yang melakukan korupsi paling jahat sepanjang sejarah republik, yaitu korupsi uang bansos yang seharusnya untuk rakyat miskin.

Secara moral dan dalam perspektif perilaku pemilih, mestinya masyarakat kecewa dengan partai yang korupsi uang untuk rakyat miskin.

“Rakyat seharusnya memberi sanksi kepada partai yang korup itu dengan sikap tidak lagi memilih partai penguasa yang korup itu,” sambung Ubedilah.

Kemudian, kata Direktur Eksekutif Center for Social Political Economic and Law Studies (Cespels) ini, adalah menggambarkan bahwa antara rakyat dengan partai tersebut sama-sama berwatak koruptif.

“Partainya korup rakyatnya juga senang dengan korupsi. Ini perilaku yang sangat menjijikan sekaligus mengerikan bagi masa depan negara. Maknanya negara sudah rusak secara moral karena elit dan rakyatnya sama-sama senang korupsi,” kata Ubedilah.

Terakhir adalah jika rakyat secara empirik masih rasional, bersikap kritis dan antikorupsi, maka tingginya elektabilitas partai penguasa yang korup bukan realitas yang sebenarnya.

“Artinya ada kemungkinan survei yang dilakukan adalah survei bayaran, SurveiRp yang menggadaikan prinsip-prinsip kebenaran ilmiah. Ini tentu lebih miris karena dilakukan kelompok yang mengaku lembaga penelitian,” pungkas Ubedilah.

(hajinews)

Berita Terkait
Baca Juga:
liburan bersama keluarga

Inilah Sederet Manfaat Pergi Wisata Bersama Keluarga

Wisata      

16 Okt 2022 | 278


Kebanyakan orang menyenangi traveling, dan banyak orang yang percaya bahwa traveling adalah kegiatan yang wajib dilakukan, namun terkadang masih ada saja orang yang terganggu karena bingung ...

bisnis online

Tips Apa yang Harus Diperhatikan untuk Memulai Bisnis Online

Tips      

17 Okt 2022 | 206


Internet telah benar-benar mengubah waktu kita. Berkat Internet, banyak tugas menjadi lebih sederhana. Dunia internet berkembang lebih cepat. Mereka yang tidak pernah mengalami kesulitan ...

warung kopi

Tempat Wisata dekat Kampus UGM

Wisata      

17 Okt 2022 | 186


Universitas Gadjah Mada atau UGM merupakan salah satu universitas ternama di Jogja. Banyak mahasiswa yang pergi ke UGM untuk melanjutkan pendidikan; tidak menutup kemungkinan suatu saat ...

Tips Cara Menghilangkan Bau Jengkol Pada Mulut

Tips Cara Menghilangkan Bau Jengkol Pada Mulut

Tips      

20 Okt 2022 | 181


Kenikmatan jengkol kini sudah tidak diragukan lagi, apalagi jika dimasukkan ke dalam semur jengkol atau bahkan jengkol balado. Namun, terkadang Anda bisa merasa tidak nyaman karena bau ...

aneka model hoodie

Cara Memilih Hoodie Buatan Lokal yang Bagus Digunakan

Fashion      

17 Okt 2022 | 189


Untuk memperkenalkan koleksi hoodie-nya, sejumlah perusahaan fashion Indonesia berlomba-lomba. Ada begitu banyak perusahaan pakaian yang menjual hoodies di pasaran sehingga mungkin sulit ...

Minyak Goreng Makin Langka dan Calon Presiden Bagaimana Ini

Minyak Goreng Makin Langka dan Calon Presiden Bagaimana Ini

Politik      

14 Feb 2022 | 890


Hari-hari ini minyak goreng (migor) langka di pasaran. Emak-emak mengeluh. Banyak pedagang kecil dan bakul jajan gorengan menjerit. Pedagang eceran sembako tidak punya stok untuk ...

Copyright ©2024 WarungInformasi.com - All rights reserved